Permaianan Masa Kecilku

Permaian Masa Kecilku,

Permainan Capling
Permainan ini yang paling sering dimainkan pada waktu kecil, namanya Capling. Permainan ini pada dasarnya sama dengan permainan petak umpet pada umumnya, namun yang membedakannya dari permainan petak umpet hanya saja untuk memenangkan permainan ini kita harus menendang kaleng yang di tumpuk tersebut yang di jaga oleh yang menjaga. Permainan ini lebih menyenangkan bila dimainkan oleh banyak orang.
permainan ini dimulai dengan hompimpah (usitan). siapa yang kalah akan menjadi yang jaga kaleng dan yang menang akan sembunyi. untuk memenangkan permainan yang bersembunyi akan dicari yang jaga. jika seluruh yang sembunyi ditemukan oleh si penjaga maka permainan di menangkan oleh si penjaga maka permainan dimulai dari awal lagi, namun bila salah satu yang bersembunyi berhasil menendang kaleng maka permainan di ulang kembali namun yang jaga tetap si penjaga sebelumnya. tempat paporit untuk bermain ini adalah di samping rumah Wak Priden atau di Depan rumah Jon Samaoden.











Permainan Petak Umpet (Singitan)
permainan berikutnya permainan petak umpet, permainan ini pada umumnya sama dengan permainan petak umpet pada umumnya, ada yang sembunyi dan ada yang jaga. ini permainan yang sering saya lakukan waktu masih kecil (masih ingusan). permainan ini biasa dilakukan di halaman rumah.



Permainan Ceduman






Ceduman adalah permainan yang lumayan berbahaya namun tetap mengasikkan, permainan ini menyerupai meriam perang. permainan ini menggunakan bambu kurang lebih panjang nya satu sampai satu setengah meter, bambu tersebut ruas-ruas nya di bolongin (ruas terakhir tidak dibolongin). tp di dekat ruas terakhir di beri lubang. setelah mambu di beri lobang bambu akan diberi minyak tanah (waktu itu minyak tanah Rp. 1500 perliter). cara bermainnya bambu yang telah diberi minyak tanah akan di sulut dengan api, seketika itu akan terdenga suara dentuman dari bambu. mungkin itu juga permainan ini di namakan ceduman. permainan ini sering dilakukan waktu bulan puasa saat menunggu berbuka. tempat paporit bermain ini di garang rumah.

Permainan Celetopan



Permainan satu ini menggunakan buluh
s

Permainan Congklak

Permainan Egrang


Permainan Gobak Sodor


Permainan Kelereng (Gonte)

Permainan Ketapek (Petetan)

Permainan Kapal - Kapalan (Ketek - Ketekan)

Permainan Panjat Pinang

Permainan Patok Lele

Permainan

Permainan

Permainan














Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.